Ketika Jejakku Menginspirasimu
Blog seorang tenaga medis yang senang bercerita seputar inspirasi, pendidikan, dan teknologi

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor, Pemotor Wajib Tahu!

Service motor di Planet Ban bikin motor kita seperti punya mesin baru, lo. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%.
Halo, sobat jejak.

Apakah sobat adalah seorang pemotor? Khususnya yang cewek, ya. Saya salut dengan teman-teman yang sudah mahir motoran di jalan raya. 

Soalnya, mimpi saya sampai hari ini ya bisa mengendarai sepeda motor matic. Utamanya, sih, untuk memudahkan akses menuju tempat kerja dan kajian pekanan.

Motor Matic Memudahkan Langkah


pemotor-wanita

Buat sobat pemotor, pria maupun wanita, melakukan pengecekan secara rutin wajib dilakukan, ya. Apalagi setelah kendaraan kesayangan sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.

Saat Service Motor, Wajib Cek Bagian Ini, ya!


Berikut 8 bagian yang wajib dicek saat service motor:

1. Oli Mesin

oli-motor-matic

Sobat harus rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai sebab oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km.

Biasanya, biaya yang perlu sahabat bayar meliputi biaya pembelian oli. Harga pembelian tentu saja tergantung merek, ya. Tak lupa, tentu saja, biaya jasa ganti olinya.

Dikarenakan sudah ada teknologi ester, beberapa tahun terakhir pabrikan / retailer otomotif berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 Km / 2x lebih lama dari oli biasa.

Pada akhirnya, retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan


Oli gardan juga wajib rutin ganti oleh pengguna motor matic sebab fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin. Selanjutnya, dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi


penggantian busi perlu dilakukan sebab jika busi tak berfungsi baik, bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.

Busi adalah part atau bagian di motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, sehingga mesin dapat menyala.

4. Kampas Rem


Sistem pengereman adalah salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, sehingga bisa menyebabkan bahaya kecelakaan.

Inilah alasan penting melakukan pengecekan kondisi kampas rem saat melakukan service motor.

5. Filter Udara


Agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator diperlukan filter udara untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran .

Sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti, biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu.

6. Aki atau Accu


Dalam kondisi mesin mati, tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt

Sementara jika mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Nah, kalau tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.

Agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti.

7. Ban


Pemeriksaan ban penting dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kondisi ban harus diperiksa terlebih dahulu sebelum menggunakan motor.

Pada saat service motor, mekanik akan fokus memeriksa tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin


Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, kebersihan karburator (saringan udara), tegangan rantai, rem, dan klakson.

Dalam kondisi tertentu, tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart.

Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu tentang kesediaan sobat. Setelah disetujui, mekanik akan melakukan perbaikan.

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

servis-motor-matic

Untuk mendapatkan service bagus, sobat harus mencari bengkel service motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa sobat jadikan andalan adalah Planet Ban.

Di bengkel ini, sobat bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… seperti apa. ya, servis mesin rasa baru itu? Penasaran?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang di-service, termasuk jarang dicek dan disetel rutin menjadi fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru.


Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban


Tentu ada sebuah keistimewaan tempat service sehingga mendatangkan banyak pelanggan, tak terkecuali dengan Planet Ban. Service di tempat ini menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

Ganti oli motor matic cukup dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga sobat nggak perlu sering ke bengkel. Biaya servis tentu jadi jadi lebih hemat, kan?

Oh, ya, sobat juga bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang, lo.

Istimewanya Servis Motor di Planet Ban 


Jika sobat melakukan service di tempat lain, biasanya masih banyak terdapat kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika sobat melakukan service motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga teras seperti memiliki kendaraan baru.

Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Service motor di Planet Ban bikin motor kita seperti punya mesin baru, lo. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Komplet, ya!

Harga service motor di Planet Ban ini lengkap dan terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sekarang sobat sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservice.

Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali sobat melakukan service motor? Buat sobat yang perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja untuk mendapatkan pelayanan terbaik service motor rasa baru. 

Yuk, ah, siap, motoran lagi dengan energi baru lagi! Sobat punya pengalaman servis motor juga? Berbagi di kolom komentar, yuk! (*)

12 komentar

  1. standar minimal servis motor itu memang ganti oli.. kalo di matic, oli mesin dan oli gardan. supaya awet dan kondisi motor selalu siaga..

    BalasHapus
  2. Selalu aman kalau sudah ganti oli eh rupanya ada 8 bagian penting ini yang harus dijaga ya kak sehingga mesin tetap halus dan lembut

    BalasHapus
  3. Mbak Nia, bisa setir motor sendiri itu asyik lo, yuk mbak belajar, apalagi sekarang servicenya bisa di planet ban ga harus di bengkel pabrikan motornya, sip kan jadi tambah mudah untuk maintenance motor, service bisa, sekali jalan

    BalasHapus
  4. Ribet juga yah perawatan kereta. Gimana lagi kalau mobil ya? Aku bru tahu kalau ternyata kereta juga perlu perawatan dari teman-teman kerja saat mereka bayar pajak kereta

    BalasHapus
  5. Ban motor nih meski awet tapi harus dicek. Kalau udah tipis rawan bocor saat melewati benda tajam. Tekanan anginnya juga harus dicek berkala agar tetap nyaman.

    BalasHapus
  6. Hahaha.. Baca ini jadi inget betapa cewek taunya make doang. Tapi gak tau merawat.
    Pernah kan kak... Motorku mati karena ternyata olinya kering. Kebayang gak berapa lama itu gak ganti oli?
    Hiksss karena kesalahan ini terpaksa boring.
    Habis itu penyesalan donk karena kantong jebol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi saya termasuk yg care lho sama motor saya pas zaman kerja kemana-mana pake motor.
      Servis secara berkala.
      Mikirnya tu, saya ini gak paham mesin motor, jd kalo kenapa-kenapa di jalan sama motornya begimana?.
      Jadi saya harus ngerawat motornya

      Hapus
  7. Selama bawa matic, selalu ganti oli mesin saja, dan ga pernah ganti oli gardan. Tapi di tahun ini, saat pindah tempat service selalu di di ingetin buat ganti oli gardan. Artikel ini reminder banget khususnya buat cewe soal service motor gini

    BalasHapus
  8. Betul ni, kadang suka lupa mau servicr, nunggu motor mulai ga enak baru berpikir untuk service, tiba2 jeger bnyk yang perlu diganti. Boljug coba ke planet ban buat service, bisa ditinggal kan ya motornya?

    BalasHapus
  9. Xixixi kok sama, sy sampe hari ini hanya jadi penumpang cantik xixi, takut bawa motor tuh kalau jatuh langsung kena aspall.. tapi artikel ini bakal dikasih tau ke suami nihh tempat murah meriah untuk service

    BalasHapus
  10. Samaaan aku juga masih jadi profesional passenger alias penumpang, kalau motor tuh kalau kita kendarai takut jatuh terus langsung kecium aspal, huhu. Mungkin nanti kalau dipaksa bakalan bisa haha. Btw makasih atas artikel ini ya kak, bisa kasih tau suami soal tempat servis motor

    BalasHapus
  11. Auto teringat nih sama motor saya yang belum diservice setelah perjalanan jauh Medan-Binjai. Oli ini yang biasa menjadi wanti-wanti perbulan atau setelah perjalanan panjang. Enggak orang aja ya kak yang harus dicek kesehatannya, motor pun juga.

    BalasHapus